Ahad, 4 Julai 2010

Bagaimana merumahkan burung walet dengan cepat?


Berbagai pendapat dari orang ramai dan permain baru dalam bidang peternakan walet, ada yang mengatakan amat mudah dengan hanya goyang kaki di rumah boleh mendapat keuntungan beribu malahan berjuta ringgit. tapi dari puluhan ribu RBW di Malaysia hanya 20-30% sahaja yang betul-2 beriaya. Apakah semudah seperti yang difikirkan?

Untuk langkah permulaan kita harus fikirkan...... Bagaimana merumahkan burung walet dengan cepat?

1. Rumah walet harus berada pada lokasi pesat walet yang memiliki populasi burung yang cukup besar, atau berada pada lintasan burung yang banyak populasinya atau juga pada lokasi perburuan makanan walet. Ini syarat mutlak kalau mau cepat merumahkan walet. Harus ada burung walet yang banyak.

2. Memiliki suara panggil walet yang dapat mengundang semaxium burung walet. Karena dari se jumlah besar burung ini, hanya beberapa persen saja yang boleh cepat ditarik untuk menginap. Suara walet tiruan ini boleh dibeli dari orang yang ahli membuat suara walet tiruan. Atau buat juga dibuat sendiri.

3. Rumah walet memiliki desain tata ruang yang betul. Tata ruang yang betul akan memudahkan walet untuk melakukan explorasi ke semua ruangan di dalam rumah walet. Jika rumah walet sudah terlanjur dibuat dengan tata ruang yang kurang tepat dan untuk memperbaikinya memerlukan kos yg tinggi, maka kita boleh juga disiasati kekurangan tersebut dengan bantuan penataan suara walet dan peletakan tweeter yang betul....

4. Mengusahakan fluktuasi suhu sekecil mungkin antara suhu di dalam rumah walet dengan suhu di luar rumah walet. Tetapi pada musim burung walet sedang mengerami telurnya, tidak boleh terjadi perubahan suhu yang signifikan di dalam rumah walet. Suhu harus dipertahankan dengan kombisi yang nyaman buat walet mengerami telurnya.

5. Memainkan suara dalam sesuai pada saat yang tertentu. Terutama suara dalam pada pagi dan petang.

6. Mejaga kestabilan kelembaban, agar pada saatnya walet ingin membuat sarangnya tidak merasa berada pada tempat yang salah.

7. Menjaga dan menjauhkan rumah walet dari predator-predator burung walet dan hal-hal yang dapat mengganggu keamanan, ketenangan serta kenyamanannya.

8. Memiliki waktu yang cukup bagi pengelola rumah walet untuk memperhatikan kondisi rumah walet secara rutin dan berkala.

9. Memiliki niat dan kesanggupan untuk mewujudkan semua hal tersebut di atas.

Kalau pada no. 9 tidak ada pada Anda, lupakan soal merumahkan walet dengan cepat.

semoga berjaya........

Tiada ulasan:

Catat Ulasan